SMKN 2 Bawang melaksanakan Tes Bakat Skolastik

TBS 2019

TBS 2019

Senin(1/10/2019), SMKN 2 Bawang melaksanakan kegiatan Tes Bakat Sekolastik(TBS) yang diselenggarakan oleh Pusat Penilaian Pendidikan(PUSPENDIK). TBS merupakan alat tes yang digunakan untuk memprediksi kemampuan seseorang jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru. Penggunaan TBS untuk memberikan informasi potensi belajar siswa sehingga dapat melengkapi hasil tes prestasi yang sudah diterapkan di sekolah saat ini. Berbeda dari tes prestasi, TBS disusun tidak berdasarkan silabus mata pelajaran tertentu sehingga dalam menjawab soal lebih tergantung pada daya nalar siswa baik logis maupun analitis.

 

Siswa yang mengikuti tes mengerjakan 3 jenis soal, meliputi :

  1. Subtes Verbal : mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan logika verbal untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan masalah kata/bahasa

    Subtes verbal terdiri dari: Sinonim, Antonim, Analogi dan Wacana

  2. Subtes Kuantitatif: mengukur kemampuan matematis sederhana, memahami konsep matematika dan menggunakan logika angka untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan angka.

    Subtes Kuantitatif terdiri dari: Deretan Angka, Aritmatika dan Aljabar, dan Geometri.

  3. Subtes Penalaran: Mengukur kemampuan untuk memilih dan mengorganisasi informasi yang relevan untuk menyelesaikan masalah.

    Subtes Penalaran terdiri dari: Logis, diagram dan Analitis.

Keseluruhan waktu yang disediakan untuk siswa dalam mengerjakan tes yang terdiri dari 71 soal yaitu 90 menit.

TBS 2019

PUSPENDIK mengharapkan sekolah-sekolah dapat memanfaatkan TBS untuk dilaksakan sehingga sekolah akan memperoleh informasi mengenai potensi belajar siswa didiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *