Teknik Bisnis dan Sepeda Motor

Visi

MENJADIKAN KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK BISNIS DAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN YANG TOP SKILL, TOP SPEED DAN TOP ACTION

Misi

Menghasilkan tamatan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur dan menguasai IPTEK serta mampu bersaing di dunia usaha / dunia industry di era globalisasi yang diwujudkan melalui pendidikan dan pelatihan dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  1. Mengembangkan sistem pembelajaran yang menghasilkan tamatan bertaqwa, siap kerja, cerdas, kompetitif dan mandiri.
  2. Meningkatkan pembelajaran yang mengacu pada perkembangan IPTEK, dunia usaha dan industri
  3. Mencetak tamatan yang mampu bersaing dipasar kerja dalam era globalisasi
  4. Menciptakan tenaga kerja yang professional, jujur dan bermental tangguh.

Tujuan Kompetensi Keahlian

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten, dengan kegiatan :

  1. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam program keahlian teknik sepeda motor agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah;
  2. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam program keahlian sepeda motor;
  3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan. Kurikulum yang digunakan di Teknik Sepeda Motor menggunakan Kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan).

Curricullum Advance

Disamping itu, Kompetensi Keahlian Sepeda Motor akan menggunakan kurikulum Advance Sepeda Motor yang akan mengembangkan Kompetensi :
1. Kerja bangku, plat, pamanasan da pengelasan
2. Modifikasi sepeda motor
3. Pelapisan Logam

Fasilitas Praktek :
1. Bengkel Engine (B. 1)
2. Bengkel Kelistrikan ( B.2)
3. Bengkel Perkakas (B.3)

Mempelajari Enggine ( Mesin Sepeda Motor), Chasis dan Power Train (Pemindai Tenaga), Kelistrikan otomotif, Teknik pengelasan, Tune up sepeda motor, Air Brush, Elektroplanting / Chrom (Pelapis Logam)