GLS? Apa sih GLS ?

Sosialisasi Gerakaan Literasi Sekolah (GLS)

SMK N 2 BAWANG BANJARNEGARA

Tahun 2019

 

Selamat Pagi Skada Lover’s dan para pembaca yang budiman, Kali ini mimin akan berbagi cerita tentang kegiatan terbaru di SKADA. “GLS” ini bukan singkatan dari “gelis” yang kalau diartikan dalam bahasa jawa adalah cepat dan kalau diartikan dalam bahasa sunda adalah manis. Melainkan kepanjangan dari Gerakan Literasi Sekolah. Apa itu Gerakan Literasi Sekolah? Yuk!!! Kita cari tahu bersama-sama.

Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Nah,sekarang sudah tidak salah arti kan, tentang apa itu GLS yang dimaksud :p

Dari pengertian diatas bisa mimin simpulkan nih, bahwa GLS ini adalah salah satu upaya Pemerintah dalam meningkatkan budaya membaca dan menulis terutama pada kalangan pelajar. Karena menurut mimin masa depan bangsa ada ditangan para pelajarnya yang suka membaca dan menulis (berkarya). Dari membaca dan menulis, kita akan tau lebih dulu apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar kita. Dan mimin berpesan buat para pelajar seluruh indonesia untuk bergandengan tangan bersama mensukseskan kegiatan Gerakan  Literasi Sekolah ini.

Sebagai contoh seperti disekolah mimin bersemayam, SMK N 2 Bawang Banjarnegara tepatnya, disini siswa diajarkan untuk berpartisipasi langsung dalam mendukung gerakan literasi sekolah dalam bentuk siswa dilibatkan langsung dalam acara pengisian artikel di website sekolah,dari situ siswa bisa langsung belajar tiga kegitan dalam satu acara, yaitu menulis, membaca dan membuat artikel diwebsite. Disamping siswanya,bapak dan ibu guru beserta karyawan  juga tidak mau ketinggalan untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut,dengan memberikan pengarahan dan bimbingan bagaimana cara menulis sebuah konten yang baik dan benar.Dengan harapan siswa lebih antusias dan  berhasil menerapkan budaya yang terkandung dalam Gerakan Literasi Sekolah dan ditunjang dengan teknologi yang sedang berkembang saat ini. Dan sesuai dengan visi misi sekolah kita, yaitu menghasilkan lulusan siap kerja yang Beriman,Bertaqwa,Terampil,Optimis,dan Profesional. Aamiin ya robal’alamiin .

Oleh Kurnia Santosa 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *