DESTILATOR

  • by

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya- upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil- hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat- alat yang dapat disediakan oleh sekolah. Guru sekurang- kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan bersahaja tetapi suatu keharusan dalam upaya mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Disamping itu guru mampu menggunakan alat- alat yang tersedia dan dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran yang belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran, yang meliputi (Hamalik, 1994:6):

Destilator yang berfungsi mengubah plastik yang sudah jadi limbah menjadi bahan bakar minyak. Alat ini bisa mengatasi sampah plastik yang butuh waktu bertahun –tahun untuk bisa hancur, sekaligus mengurangi polusi tanah. Karena , plastik baru bisa terurai setelah 100 tahun berada dalam tanah, bisa juga lebih, tergantung pada jenis plastiknya. bayangkan jika tiap keluarga mampu membuat alat ini, dan memakainya untuk m̷emanfaatkan sampah plastik disekitar rumah, hampir bisa dipastikan tak akan ada lagi sampah plastik yang bertebaran, lingkungan jadi semakin bersih dan sudah berpartisipasi pada usaha penyelamatan bumi .

Selain itu, untuk keperluan sehari hari kita tidak perlu membeli minyak tanah yang harganya semakin tak terjangkau. Sebab minyak yang dihasilkan alat ini kualitasnya lebih bagus dari minyak tanah. Dan jika mau, kita bisa mengkonversi lebih lanjut menjadi bensin, solar.
Akhirnya pencarian referensi dan informasi sampailah pada titik konsep bahwa sebenarnya plastik memiliki kemiripan unsur pembentuk dengan bahan bakar minyak. Saat dipanaskan plastik akan meleleh lalu mencair, cairan plastik ini jika terus dipanaskan akan membentuk uap panas, dan jika uap panas ini melewati pendingin (kondensor) dia akan mengembun dan membentuk minyak. Itu yang menjadi konsep dasar.

Setelah konsep dasarnya, , akhirnya alat ini yang dijadikan acuan , karena dari semua alat yang ada hanya inilah yang paling sederhana. di bawah ini.

               

     Gambar 1.

Komponen Destilator Sederhana

Komponen Destilator Sederhana :

  1. Kompor Pemanas
  2. Tabung Reaktor
  3. Besi Pipa dibuat Bentuk L
  4. Kain basah
  5. Selang Plastik
  6. Bak Air
  7. Botol  penampung hasil destilasi

Bahan sampah plastik dimasukan ke dalam reaktor , dipanaskan didalam reaktor sampai suhu 180 derajat celcius. Kurang lebih selama 60  menit  cairan Bahan Bakar Minyak akan mengalir melalui selang air yang sudah didinginkan oleh Air. Pada suhu 200 derajat celcius aliran Bahan Bakar hasil destilasi akan semakin deras. Sampai suhu 300 derajat celcius proses destilasi akan berhenti .

 

Penyusun :

Widarto ,S.T

Guru Produktif  TSM Honda

SMK N 2 BAWANG

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *