Sistem Pendidikan Indonesia Yang Perlu Diperbaiki.

Diposting pada: 2016-10-30, oleh : Renuk Wahyu, Kategori: Pendidikan

Oleh Widarto, S.T

Pagi-lagi kita temui berita seputar kebocoran ujian nasional, seakan-akan hal tersebut adalah pertama kalinya terjadi kebocoran. Dilansir dari Tempo, Sekretaris Jenderal FSGI Retno Listyarti mengatakan kebocoran terjadi pada pelaksanaan ujian nasional sejak hari pertama hingga ketiga digelar.

Memang ujian nasional tahun ini tidak lagi menjadi syarat kelulusan setelah menteri pendidikan Anies Baswedan menghapus syarat tersebut, namun ujian nasional tetap diadakan sebagai fungsi pemetaan. Selain itu, nilai ujian tahun ini juga akan menjadi pertimbangan seleksi nasional masuk perguruan tinggi (SNMPTN).

“Di abad 21 ini, butuh usaha amat serius untuk menjadi bodoh”

Profesor matematika Institut Teknologi Bandung, Iwan Pranoto kerap kali melontarkan kritikan terhadap sistem ujian nasional ini. “Pendidikan gratis bermutu adalah bualan politisi, tetapi belajar bermutu memang gratis”, tulis Iwan Pranoto di Instagramnya disertai sebuah foto dengan quote serupa.

Selain itu, beliau juga kerap kali melontarkan quote-quote satir untuk mengkritisi pendidikan Indonesia, yakni “Di abad 21 ini, butuh usaha amat serius untuk menjadi bodoh” ujarnya di akun Instagram beliau.

Berikut gambar satir lain buatan beliau:

Ternyata, sepak terjang sistem pendidikan telah terjadi sejak zaman dulu. Plato, filsuf terkenal dari Yunani, mendirikan akademi dengan nama Hekademos. Di akademi ini, Plato menerapkan gaya kritik spontan ala Sokrates sebagai sistem nilai, sehingga terciptalah universitas.

Selama berabad-abad akademi Plato berjaya sebagai pusat matematika dan etika, dua bidang yang berlandaskan prinsip-prinsip mutlak. Berdasarkan prinsip-prinsip tersebut, Plato merancang tatanan masyarakat.

Dalam tatanan masyarakat tersebut, sekolah menjadi penentu peran setiap orang dalam masyarakat. Rakyat yang tidak cemerlang dalam berolahraga, akan dipaksa menjadi petani yang bercocok tanam demi kesejahteraan bersama.

Rakyat yang sangat menguasai dan hebat dalam berolahraga tapi tak mampu menguasai matematika, akan menjadi tentara. Sedangkan rakyat yang mampu menguasai matematika dan juga hebat dalam berolahraga, akan masuk dalam golongan elit sebagai orang yang dianggap telah ditakdirkan untuk memimpin negara.

Tentu saja tatanan masyarakat tersebut gagal karena menghasilkan pemimpin korup yang membodohi rakyat.

Selain Plato, Ibnu Khaldun juga pernah mengkritisi pendidikan pada zamannya. Dalam buku An Arab Philosophy of History: Selections from the Prolegomena of Ibn Khaldun of Tunis (1332-1406),Ibnu Khaldun meninjau pendidikan dari segi psikologis.

Secara psikologis, pendidikan dibentuk berdasarkan kecakapan dan kemampuan seseorang. Setiap tindakan maupun gagasan, akan meninggalkan jejak pada pikiran setiap individu. Pengulangan berkali-kali dari tindakan yang sama mampu membentuk beberapa keterampilan.

Semakin pikiran mendekati bakat aslinya, semakin ia mudah untuk membentuk keterampilan dan kecakapannya. Ibnu Khaldun menyatakan, pada umumnya, setelah menguasai sebuah keterampilan, seseorang akan kesulitan untuk memperoleh keterampilan lainnya.

Itulah mengapa jarang sekali kita temukan penjahit profesional yang juga terampil sebagai tukang kayu. Di lain sisi, Ibnu Khaldun juga menemukan fakta bahwa mempelajari hal baru mampu mempertajam pikiran dan akan membuat orang memiliki cara berpikir lain ketika memahami subjek yang berbeda.

Ilmu hanya akan berkembang sebagai respon dari kebutuhan lingkungan sosial. Sebagai contoh, bila lingkungan sosialnya agraris, maka orang cenderung akan belajar cara bercocok tanam.

Dalam hal ini, Indonesia sedang dalam masa yang tidak jelas. Apa kebutuhan sosial Indonesia? Lantas, mengapa setiap murid diwajibkan untuk mempelajari seluruh ilmu yang ada? Mengapa pemerintah tidak pernah belajar dari sistem pendidikan yang pernah diterapkan sejak dahulu?

Pada zaman Ibnu Khaldun, sekolah mengajarkan banyak sekali subjek. Diantaranya adalah geometri, aritmatika, geografi, dan matematika. Ibnu Khaldun juga menemukan banyak sekali siswa yang stres. Pendidikan semacam ini terjadi pada era golden age, sementara Indonesia masih menerapkannya. Telat berapa tahunkah pendidikan kita?

"Di Indonesia ini, perbedaan antara buruh dan pelajar itu hanya satu, yakni buruh dibayar sementara pelajar membayar. Tugas mereka disamakan, begitupula tujuannya"

Di Indonesia ini, perbedaan antara buruh dan pelajar itu hanya satu, yakni buruh dibayar sementara pelajar membayar. Tugas mereka disamakan, begitupula tujuannya. Ibarat Mozart dan Einstein dipersaingkan untuk dinilai keahliannya dalam bidang Fisika. Sistem pendidikan kini yang bahkan pernah terjadi dan terbukti gagal di zaman Plato.

Ujian nasional terbukti gagal. Dari tahun ke-tahun, sudah menjadi rahasia umum bila soal ujian nasional ini bocor. Kegagalan ini disebabkan oleh sistem pendidikan yang sangat mengapresiasi hasil dibanding proses.

Awalnya dimulai dari sistem pendidikan yang mengajari muridnya belasan mata pelajaran hanya untuk dipersaingkan. Selain itu, orangtua sebagai pendidik utama juga kerap kali mengapresiasi nilai anak tanpa melihat prosesnya. Jadi, apabila nilai anak jelek, ia akan memarahi anaknya terlepas dari seberapa keras usaha sang anak.

Spesialisasi pendidikan harus dimulai sejak awal. Sistem pendidikan di Eropa mulai melakukan hal tersebut. Pendidikan dasar seharusnya mengajari anak bernalar, belajar, sambil bermain, bukan menguasai segala pelajaran seperti pendidikan Indonesia ini.

Seharusnya setiap sekolah diberikan hak untuk membuat beberapa kurikulum untuknya sendiri. Pemerintah tetap memiliki standar kurikulum, namun selanjutnya, biarkan sekolah yg membuat kurikulum sendiri agar persaingan antar sekolah semakin ketat dalam memproduksi murid yang cerdas. Tentu hal ini akan sangat membantu karena sekolah itulah yang paham kondisi sosial dan pendidikan yang dibutuhkan siswa disekitarnya.

Di Finlandia, guru dilarang memberikan pekerjaan rumah pada siswa sebelum ia berusia 16 tahun. Terbukti negara Finlandia menjadi negara dengan pendidikan terbaik sedunia. Di Jerman, siswa setingkat SMK tak diajari pelajaran yang tidak berhubungan dengan kemampuan siswa. Di Indonesia, siswa SMK tetap diajari untuk mempelajari pelajaran yang tak ada hubungannya sama sekali dengan jurusannya.

Kita mampu melakukan segala hal, namun tak ada satupun yang kita kuasai hingga muncul istilah “Asians;Jack of all trades, master of none”. Sudah saatnya pendidikan kita dibenahi. Tidak hanya menghapus ujian nasional, namun juga merombak sistem dari awal. Kita perlu revolusi pendidikan.

Menteri pendidikan seharusnya memiliki penasihat yang terdiri dari beberapa Profesor visioner. Selama pendidikan Indonesia masih seperti ini, pendidikan kita tidak akan maju. 20% APBN yang digunakan untuk pendidikan akan menjadi sia-sia.

“Semua orang itu cerdas, namun bila engkau menilai ikan dari kemampuannya untuk memanjat, selamanya kau akan mempercayai bahwa ikan itu bodoh”, ujar Einstein"

Itulah mengapa menteri pendidikan harus berpikir maju dan terbuka. Orangtua juga perlu terlibat sebagai apresiator. Ubah kebiasaan apresiasi hasil daripada proses, karena dari sinilah mulainya akar korupsi dan kecurangan lainnya.

Seperti ucapan Ki Hajar Dewantara “Anak-anak hidup sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu”. Negara tidak berhak menbandingkan kecakapan murid yang satu dengan lainnya. “Semua orang itu cerdas, namun bila engkau menilai ikan dari kemampuannya untuk memanjat, selamanya kau akan mempercayai bahwa ikan itu bodoh”, ujar Einstein.

Indonesia perlu merevolusi pendidikan karena pendidikan merupakan pondasi dasar kehidupan negara untuk menciptakan rakyat egaliter, jujur, sehat, cerdas, dan jauh dari kemiskinan.

Pendidikan adalah investasi jangka panjang. Tidak seperti BBM, pendidikan akan terus beregenerasi menciptakan hal baru. Inilah mengapa pendidikan Indonesia amat penting untuk dibenahi.

 

Wid Widarto.

 


Print BeritaPrint PDFPDF
Terima kasih telah berkunjung di Official Site SMK Negeri 2 Bawang. SMK Teknologi yang telah menerapkan ISO 9001:2008, dan selalu berkomitmen untuk menjadi Terampil, Optimis, dan Profesional.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// contoh : www.smkn2bawang.sch.id
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 103 komentar untuk berita ini

  • dwipangga naufal sedayu
    2016-11-23

    menurut saya, terlalu banyak materi yang dipelajari di indonesia. menurut saya materi terlalu banyak tidak efektif, contohnya saya yang sekarang duduk dikelas 12 dengan jurusan tsm, terlalu banyak materi yang saya pelajari sehingga saya tidak terfokuskan ke jurusan saya yang sebagai teknik otomotif (tsm).

  • dwipangga naufal sedayu
    2016-11-23

    menurut saya sudah cukup maju sistem pendidikan di indonesia. menurut saya juga terlalu banyak materi yang dipelajari sehingga saya yang berada di smk n 2 bawang tidak terlalu fokus pada jurusan kami yaitu tsm.

  • febri aris setya munandar
    2016-11-22

    saya sangat setuju.di smkn 2 bawang juga harus di benahi terutama dalam fasilitasnya yang memang sudah bagus tetapi belum sepenuhnya lengkap.hal ini akan menunjang kemuan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

  • solehan
    2016-11-22

    sistem pendidikan di indonesia memang harus di perbaiki karena masih banyak kekurangan kekurangan yang di alami murid dalam kegiatan belajar mengajar . oleh karena itu pemerintah harus memperhatikan sistem pendidikan dan tidak lupa dengan fasilitasnya . misalnya didaerah2 perbatasan pendidikan disana harus di perhatikan supaya orang2 di perbatasan pandai dan tidak mudah di bodohi . tidak lupa juga sistem pendidikan yang ada di sekolah2 yang sudah maju harus terus di kembangkan supaya banyak bermunculan cendikiawan di indonesia

  • pupung efriyana
    2016-11-22

    sistem pendidikan di indonesia memang harus diperbaiki dan sekolah-sekolah di indonesia jg harus dapat mendidik siswa siswinya agar dpt menciptakan suatu generasi yg lebih baik dan mempunyai sdm yg baik..

  • solehan
    2016-11-22

    saya sangat setuju dengan artikel ini karena pendidikan di indonesia harus di perbaiki demi masa depan bangsa indonesia . ketika pendidikan tidak di pikirkan kpan bangsa indonesia menjadi bangsa yang maju olwh karena itu pemerintah harus memikirkan sistem pendidikan di indonesia supaya cendikiawan cendikiawan terus bermunculan .solehan xii tsm 1

  • rizki dwi prasetiyo
    2016-11-22

    pendidikn yang diterapkan di smk 2 bawang sebenarnya sudah baik,namun kurangnya fasilitas yang ada membuat para siswa kurang aktif dalam melakukan pembelajaran

  • joko fitrianto
    2016-11-19

    sepertinya pemerintah perlu memperketat sistem pendidikan, mengingat kejadian ini banyak pihak yang dirugikan. sebaiknya perlu ditingkatkan agar pendidikan di indonesia bisa seperti negara luar. terimakasih

  • joko fitrianto
    2016-11-19

    sepertinya pemerintah perlu memperketat sistem pendidikan, mengingat kejadian ini banyak pihak yang dirugikan. sebaiknya perlu ditingkatkan agar pendidikan di indonesia bisa seperti negara luar. terimakasih

  • muhamad arik naufal
    2016-11-19

    sistem pendidikan yang harus lebih diperhatikan lagi.

  • nur faozi xii tsm 3
    2016-11-19

    untuk mengurangi angka pengangguran

  • nur faozi xii tsm 3
    2016-11-19

    menciptakan generasi penerus bangsa

  • ach sefudin
    2016-11-19

    semangat terrus. sangat bagus

  • gilang prayoga
    2016-11-19

    saya sangat setuju. sistem pendidikan indonesia memang perlu perbaikan agar siswa mu mengikuti dan memahami materi secara maksimal

  • pangestu widianto
    2016-11-17

    menurut saya sistem pendidikan di smk 2 bawang harus di benahi terutama dalam hal fasilitas penunjang belajar mengajar

  • andri setiawan
    2016-11-17

    saya sangat setuju dengan artikel tersebut. sistem pendidikan diindonesia seharusnya meniru sistem pendidikan dijerman yang hanya diajari pelajaran yang berhubungan dengan jurusannya. sehingga siswa tidak terbebani dengan pelajaran yang lain.

  • andri setiawan
    2016-11-17

    saya sangat setuju dengan artikel tersebut. sistem pendidikan diindonesia seharusnya meniru sistem pendidikan dijerman yang hanya diajari pelajaran yang berhubungan dengan jurusannya. sehingga siswa tidak terbebani pelajaran yang lain.

  • vian aditia p w
    2016-11-17

    saya setuju, sudah saatnya pendidikankita dibenahi. tidak hanya menghapus ujiannasional, namun juga merombak sistem dariawal. kita perlu revolusi pendidikan. kelas xii tsm 1

  • oktavian t nugroho
    2016-11-17

    sistem pendidikan di indonesia memang harus diperbaiki lagi. supaya indonesia mu mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas, bermoral, dan mu mengharumkan nama indonesia di kancah internasional. kelas xii tsm 1

  • avid rosi guntoro
    2016-11-17

    memang sistem pendidikan di indonesia harus di perbaiki. karena sistem pendidikan di indonesia yang memicu dan mengatur seluruh pendidikan di indonesia, maka harus jujur dan mengamankan soal ujian nasional dan tanpa adanya korupsi . kelas:xii tsm 1.

  • nurilah suryo a
    2016-11-16

    pendidikan merupakan salah satu bekal meraih cita2

  • arif hidayat
    2016-11-11

    seharusnya pemerintah harus lebih waspada agar tidak terjadi kebocoran ujian nasional dan sistem pendidikan juga harus di buat lebih bagus lagi untuk generasi penerus bangsa. saya setuju akan hal tersebut. ( xii tsm 3 )

  • faduloh wahid hasan xll t
    2016-11-11

    saya sangat setuju dgn itu pak

  • suhendro
    2016-11-10

    pendidikan di smk n 2 bawang sangat bagus,selain mendidik siswa siswinya menjadi pribadi yang teril,optimis dan profesional juga mempunyai sofskil yang baik. yang pastinya akan bermanfaat untuk kehidupan dimasa depan,aminnn.

  • bayu ari purwoto
    2016-11-10

    saya sependapat dg artikel tersebut.karena pendidikan di indonesia masih lemah,maka dari itu indonesia harus mencontoh pendidikan dari negara yang sudah maju.

  • yudi rahmanto
    2016-11-10

    setuju.. pendidikan adalah yang terpenting bagi kemajuan bangsa

  • ianhendiansyah
    2016-11-10

    menurut saya pendidikan indonesia sudah baik.namun harus di tambah lagi fasilitasnya

  • fani angga firmansyah
    2016-11-10

    \"negara tidak berhak menbandingkan kecakapan murid yang satu dengan lainnya\" good job

  • m.nurdin syam 12 tsm 1
    2016-11-10

    pendidikan adalah kunci sukses keberhasilan suatu bangsa

  • satria putra ramadhan
    2016-11-09

    sangat setuju

  • apit febri nugroho
    2016-11-09

    sistem pendidikan indonesia smk n 2 bawang sudah baik,tetapi belum sempurna.semoga kekurangan tersebut dapat diselesaikan sehingga smk n 2 bawang dapat menjadi sekolah yang terbaik.

  • tri hariyansah
    2016-11-09

    saya setuju dengan artikel tersebut, karena demi menciptakan generasi muda yang hebat

  • sahrul muzilaksono
    2016-11-09

    sistem pendidikan diindonesia perlu diperbaiki guna mendapatkan generasi muda yang berkualitas dimasa yang akan datang

  • anteng ramdani
    2016-11-09

    saya setuju pak. dengan artikel ini seharusnya pemerintah harus lebih mengoptimalkan peran mereka, dengan begitu pendidikan di indonesia akan lebih maju & untuk generasi muda bisa lebih berprestasi agar dapat bersaing di era mea(masyarakat ekonomi asean) artikel yang bagus pak. lanjutkan

  • noni oktaviani
    2016-11-09

    sistem pendidikan di indonesia perlu di tingkatkan agar generasi muda bisa melangkah lebih maju.

  • pawit dinanti
    2016-11-09

    perlunya sistem pendidikan d.perbaiki untuk melahirkan genarasi bangsa yg lbih baik pawit dinanti kls 12 tsm 3 absen 29

  • muhamad adi pratama
    2016-11-09

    saya suka dengan pendapat anda pak ,lanjutkan..

  • deni rizka pradana
    2016-11-09

    pendidikan adalah hal yang paling utama, dari artikek tersebut semoga pemerintah memperbaiki sistem pendidikan dan mencontoh sistem pendidikan yang maju

  • syaoful ma ruf afriyadi
    2016-11-09

    lanjutkan pak..

  • gilang yudha indrayana
    2016-11-09

    siap pak pendapat yang bagus ,lanjutkan..

  • jabidin nur haidin
    2016-11-09

    pendapat yang cukup bagus pak ,saya setuju dengan anda..

  • fhiar danu wijaya
    2016-11-09

    sistem pendidikan di indonesia masih perlu membutuhkan perhatian,khusus nya pada sarana dan prasarana nya yang masih belum memadai.

  • aprily oka w
    2016-11-09

    banyak mengandung pendidikan

  • aji fatkhur rohman
    2016-11-09

    pendidikan harus ditingkatkan lagi agar lebih bermanfaat dan lebih menarik

  • aldy rizky p
    2016-11-09

    saya setuju dengan artikel ini.artinya indonesia perlu mencontoh sistem pendidikan di negara - negara maju.agar uang uang negara tidak terbuang dengan sia sia.indonesia pintar dalam mempelajari semua ilmu,tetapi tidak tahu makna dari ilmu yang di pelajari (sistem hafalan )

  • rizal dwi septianto
    2016-11-08

    setuju, semoga pendidikan di indonesia dapat maju dan berkembang

  • giri sukma
    2016-11-08

    pendidikan adalah hal penentu dan terpenting agar indonesia bisa lebih maju !

  • zainul anwar 12 tsm 1
    2016-11-08

    saya setuju dengan artikel tersebut, karena menurut saya pendidikan di indonesia harus lebih di benahi, agar semua pelajar di indonesia dapat lebih maksimal dalam belajar. dan fasilitas nya harus di benahi agar siswa dapat menggunakannya. apalagi sekarang sudah ada mea (masyarakat ekonomi asia) maka akan lebih ketat lagi persaingan dalam dunia kerja. sekian dan terima kasih #umihikma

  • hamzah fatkhur rohman
    2016-11-08

    kalau sistem pendidikan di indonesia itu harus diperbaiki mulai dari pengajar dan instansi yang terkait, sehingga mu mencetak generasi muda yang siap untuk menghadapi dunia luar.

  • dwi rama xii tsm 1
    2016-11-08

    memang benar jika sistem pendidikan di indonesia yang hanya memandang dari nilai akhir akan banyak menciptakan generasi yang barkorup dan curang , karena dalam ujian akan banyak siswa yang mencontek yang menyebabkan muculnya sifat kecurangan saat dewasa nanti . oleh karena itu sebaiknya sistem pendidikan di indonesia memang harus diperbaiki , dengan menerapkan sistem pendidikan seperti di luar negeri .

  • arifiyan
    2016-11-08

    saya setuju dengan artikel tersebut karena pendidikan di indonesia masih ada yamg harus diperbaiki lagi supaya pendidikan di indonesia lebih terjaga ke amanannya agar tidak ada kebocoran soal-soal ujian seperti yang sudah terjadi #pendidikan_indonesia_maju

  • arifiyan
    2016-11-08

    saya setuju dengan artikel tersebut karena pendidikan di indonesia masih ada yamg harus diperbaiki lagi supaya pendidikan di indonesia lebih terjaga ke amanannya agar tidak ada kebocoran soal-soal ujian seperti yang sudah terjadi #pendidikan_indonesia_maju

  • ngabdul latif
    2016-11-08

    sistem pendidikan di indonesia memang harus ditingkatkan agar terciptanya generasi yang berkualitas dan menjaga nama baik pendidikan di indonesi.

  • ngabdul latif
    2016-11-08

    sistem pendidikan di indonesia memang harus di perbaiki untuk meningkatkan mutu pendidikan yang baik sehingga terciptanya anak bangsa yang berkualitas.

  • nugroho rifki prayoga
    2016-11-08

    benar sistem pendidikan di indonesia perlu di perbaiki karena akan memberikan hasil yang maksimal kepada siswa dan juga tidak membebani siswa dengan pekerjaan rumah yang banyak, sehingga siswa dapat belajar dengan baik

  • alin alif kholif a
    2016-11-08

    sistem pendidikan memang perlu diperbaiki karena sangat penting bagi generasi muda bangsa indonesia

  • har mastur
    2016-11-08

    nenurut saya sistem pendidikan di indonesia harus diperbaiki lagi. nama:harmastur kelas:xii tsm 1 no:19

  • suhendro
    2016-11-08

    pendidikan si smkn2bawang sangat baik,karena membuat lulusan menjadi teril,optimis dan profesional dan mempunyai sofskil yang baik

  • gigih alif setyawan
    2016-11-08

    menurut saya sistem pendidikan kita harus dibenahi lagi agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. terimakasih nama :gigih alif setyawan kelas:xii tsm 1 no :17

  • pangestu widianto
    2016-11-08

    menurut saya sistem pendididikan indonesia smk n 2 bawang sangat bagus dan sangat cocok diterapkan di indonesia

  • anggih prasetyo
    2016-11-08

    sistem pendidikan perlu di perbaiki agar dapat meningkatkan generasi yang berkualitas dan berguna bagi negara

  • pawit dinanti
    2016-11-08

    ia, untuk memperbaiki generasi penerus bangsa pawit dinanti. xii tsm 3. absen:29

  • dedi setiawan
    2016-11-08

    pendidikan di indonesia terutama di smk 2 bawang sudah bagus tetapi dalam smk tingkat praktek harus di tingkatkan jangan hanya menggunakan teori saja yang banyak harus seimbang

  • aldi nurokhman
    2016-11-08

    sangat setuju. karena sistem pendidikan diindonesia harus ditinggatkan kembali. karena dengan adanya mea semua orang harus pintar dan cerdas untuk mengikuti kemajuan yg sangat pesat.

  • alvin ferdinandes
    2016-11-08

    sistem pendidikan indonesia perlu di perbaiki karena siswa seumuran smk masih sangat polos dapat meniru apa yang mereka lihat baik buruknya

  • aditya ari w
    2016-11-08

    menurut saya sistem pendidikan di smk n 2 bawang sangat bagus dan tertata dengan baik. dan sangat bagus untuk diterapkan di indonesia

  • rizal kurniawan
    2016-11-08

    sistem pendidikan di indonesia khususnya di smk n 2 bawang harus ditingkatkan terutama pada fasilitas dan meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan

  • afian sutopo
    2016-11-08

    di mana ada usaha di situ ada keberhasilan afian sutopo

  • sofyan riyadi
    2016-11-07

    pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi generasi anak-anak bangsa untuk mencerdaskan para generasi penerus bangsa indonesia.

  • adi priono
    2016-11-07

    sistem pendidikan memang perlu diperbaik lagi untuk pelajar indonesia kedepannya. saya setuju. ..

  • syahrul anam azizan
    2016-11-06

    sistem pendidikan di indonesia memang harus di perbaiki untuk menciptakan generasi muda yang berprestasi agar dapat bersaing di era globalisasi yang semakin moderen saja

  • alvian adi pratama
    2016-11-05

    pendidikan adalah hal terpenting ,bagi kelanjutan bangsa indonesia

  • septu bima mandala
    2016-11-05

    seharusnya pemerintah indonesia melakukan perubahan sistem pendidikannya menjadi sistem pendidikan di negara-negara maju seperti jerman dan finlandia. kelas xii tsm 3

  • nasiman
    2016-11-05

    saya setuju dg artikel tersebut,dan sya berharap sistem pendidikan di negara maju ditiru oleh indonesia

  • arif budianto
    2016-11-05

    walaupun ujian nasional tidak menentukan kelulusan, namun nilai ijazah pd ujian nasional sangat berpengaruh dalam dunia kerja. ketika kita akan mendaftar kerja.

  • andi prasetyo
    2016-11-04

    saya setuju dengan itu pak.. trimakasih

  • aldian danu nugroho
    2016-11-04

    setuju sekali, sistem pendidikan di indonesia harus direvolusi..

  • irfany setyawan
    2016-11-04

    setuju.., saya sebagai siswa terkadang stress,memikirkan tugas dan pr, dan pelajaran-pelajaran yang tidak ada hubungannya dengan jurusan, seharusnya tingkatan prktik dan materi yang sehubungan dengan jurusan, dan satu hal lagi, terlalu banyak pelajaran membuat siswa menjadi tertekan dan terbebani, jika siswa terbebani maka siswa juga akan berkurang konsentrasinya pada pelajaran serta membuat siswa malas. xii tsm2

  • rofik hidayat
    2016-11-04

    saya sangat setuju dengan pendapat anda karena itu menjadi beban siswa itu tersendiri

  • rivaldo b.s
    2016-11-04

    saya setuju,masih banyak perbedaan antara smk dan sma.

  • abdul alif fianto
    2016-11-04

    setuju dengan artikel yang disusun oleh bapak widarto \"kami sekolah di smk bukan sma\" kami merasa dirugikan dengan sistem pendidikan di indonesia yang seperti ini.

  • riswanto gunawan
    2016-11-04

    setuju .tujuan dari belajar adalah menjadi pintar namun apa jadinya jika siswa itu tetap bodoh hal ini dipengaruhi karena siswa terlalu banyak mendapatkan atupun di bebani oleh pekerjaan rumah (pr) sehingga membuat siswa tersebut tertekan/terbebani dan justru akan membuat siswa tersebut malas belajar .

  • widi aprianto
    2016-11-04

    saya setuju,sehingga siswa-siswi tidak perlu mempelajari pelajaran yg tidak ada hubungan dengan jurusannya.

  • muhamad ihza r m
    2016-11-04

    saya setuju dengan pemikiran pak widarto

  • yonif reza irawan
    2016-11-04

    sangat setuju. karena siswa akan merasa tertekan bila banyak pekerjaan rumah maka jangan memberikan siswa pekerjaan rumah yang terlalu memberatkan. dan mengurangi pelajaran yang tidak ada hubungan dengan kejuruan siswa

  • ahmad amirun sodikin
    2016-11-04

    saya sangat setuju dengan pendapat anda, karna sistem pendidikan di indonesia. terutama si smk masih sangat kesamaan dengan sma. yang sangat tidak berhubungan dengan kompetensi keahlian jurusan. terimah kasih

  • ali mu amar
    2016-11-04

    saya sangat setuju dengan pendapat bapak widarto.

  • annizar fikri nur ridho
    2016-11-04

    sangat setuju. karena banyaknya pelajaran dan tugas membuat siswa menjadi malas. otak manusia hanya ada 2 yaitu otak kanan dan kiri. jika terlalu banyak diisi dengan pelajaran maka tidak ada salahnya siswa itu menjadi bodoh karena terlalu banyak memori yang tersimpan sehingga menghambat ingatan..

  • wahyu aji darmawan
    2016-11-04

    seharusnya memeng siswa menerima ilmu pelajaran sesuai jurusanya dan juga keinginanya,, karna jika tidak sesuai keinginan maka akan kurang bermanfaat,, malah menambah beban pikiran. wahyu aji darmawan xii tsm 2

  • krisna aji p
    2016-11-04

    saya setuju dg anda pak,karena kita sekolah ada jurusan nya masing2 tetapi di tuntut untuk menguasai semua mata pelajaran,seharusnya kita fokus ke plajaran produktif saja,.

  • eko siswanto
    2016-11-04

    setuju pak, lanjutkan

  • zegadwivivian
    2016-11-04

    saya setuju, memang sebaiknya pelajaran yang tidak efisien dan malah hanya mempersulit, sebaiknya di tiadakan saja.

  • yulianto
    2016-11-04

    saya sangat setuju dengan pendapat pak widarto. agar penerus bangsa lebih berfikir maju dan tidak terbebani oleh pelajaran yang tidak ada sangkutannya dengan produktif

  • ali al murtadho
    2016-11-04

    ya saya setuju tentang artikel di atas, banyak pelajaran yang tidak ada kaitannya dengan jurusan sehingga mengganggu waktu pelajaran yang lebih penting.

  • eling arjun nugroho
    2016-11-04

    setuju pak , seharusnya harus mengurangi pelajaran yang tidak mengarah pada kejuruan.

  • rizal mahmud xii tsm 2
    2016-11-04

    sangat sangat setuju (y)

  • kukuh juli pratomo
    2016-11-04

    saya sangat setuju dengan artikel yang bapak widarto tulis, sistem belajar yang siswa inginkan yaitu belajar yang nyaman dan tidak membebani siswanya, karena dengan dasar senang maka setiap materi yang disaikan oleh guru akan mudah difahami oleh siswanya. kukuh juli pratomo xii tsm 2

  • eling arjun nugroho
    2016-11-04

    setuju pak , #salam satu hati

  • krisna aji p
    2016-11-04

    saya setuju dg pendapat anda pak,karena kita sekolah ada jurusanya masing2,tetapi di tuntut untuk menguasai semua mata pelajaran,seharusnya kita fokus ke plajaran produktif saja

  • tabah rifki ardiansah
    2016-11-04

    setuju ++ dengan pak widarto

  • supriyanto
    2016-11-04

    setuju. karena saat guru memberikan pekerjaan rumah akan membuat siswa tertekan dirumah. jadi sebauknya guru mengurangi pemberian pekerjaan rumah kepada siswanya. dan menghilangkan pelajaran yang tidak memgarah pada kejuruan siswa itu sendiri

  • abdul alif fianto
    2016-11-04

    setuju dengan artikel yang ditulis oleh bapak widarto , karena pada dasarnya siswa smk itu dituntut untuk bisa menguasi teori dan praktek sesuai dengan jurusan masing-masing. saya berharap semoga di waktu yang akan datang sistem pembelajaran di smk n 2 bawang akan menjadi lebih baik lagi dan pastinya sekolah smk itu dituntut untuk membentuk karakter siswa yang siap bekerja.

  • muhammad anggit hardianto
    2016-11-04

    setuju sekali, semoga generasi bangsa menjadi cerdas

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Untitled Document
  • kemdiknas
  • pdkjateng
  • bpdikjur
  • lpmpjateng
  • dikporabanjarnegarakab
  • st3telkom

www.m-edukasi.web.id blog guru