DESTILATOR

Diposting pada: 2016-10-01, oleh : Faris Jaya Mustika, Kategori: Teknologi Tepat Guna

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya- upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil- hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat- alat yang dapat disediakan oleh sekolah. Guru sekurang- kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan bersahaja tetapi suatu keharusan dalam upaya mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Disamping itu guru mampu menggunakan alat- alat yang tersedia dan dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran yang belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran, yang meliputi (Hamalik, 1994:6):

Destilator yang berfungsi mengubah plastik yang sudah jadi limbah menjadi bahan bakar minyak. Alat ini bisa mengatasi sampah plastik yang butuh waktu bertahun –tahun untuk bisa hancur, sekaligus mengurangi polusi tanah. Karena , plastik baru bisa terurai setelah 100 tahun berada dalam tanah, bisa juga lebih, tergantung pada jenis plastiknya. bayangkan jika tiap keluarga mampu membuat alat ini, dan memakainya untuk m̷emanfaatkan sampah plastik disekitar rumah, hampir bisa dipastikan tak akan ada lagi sampah plastik yang bertebaran, lingkungan jadi semakin bersih dan sudah berpartisipasi pada usaha penyelamatan bumi .

Selain itu, untuk keperluan sehari hari kita tidak perlu membeli minyak tanah yang harganya semakin tak terjangkau. Sebab minyak yang dihasilkan alat ini kualitasnya lebih bagus dari minyak tanah. Dan jika mau, kita bisa mengkonversi lebih lanjut menjadi bensin, solar. 
           Akhirnya pencarian referensi dan informasi sampailah pada titik konsep bahwa sebenarnya plastik memiliki kemiripan unsur pembentuk dengan bahan bakar minyak. Saat dipanaskan plastik akan meleleh lalu mencair, cairan plastik ini jika terus dipanaskan akan membentuk uap panas, dan jika uap panas ini melewati pendingin (kondensor) dia akan mengembun dan membentuk minyak. Itu yang menjadi konsep dasar.

Setelah konsep dasarnya, , akhirnya alat ini yang dijadikan acuan , karena dari semua alat yang ada hanya inilah yang paling sederhana. di bawah ini.

               

 

 

 

     Gambar 1.

Komponen Destilator Sederhana

Komponen Destilator Sederhana :

  1. Kompor Pemanas
  2. Tabung Reaktor
  3. Besi Pipa dibuat Bentuk L
  4. Kain basah
  5. Selang Plastik
  6. Bak Air
  7. Botol  penampung hasil destilasi

            Bahan sampah plastik dimasukan ke dalam reaktor , dipanaskan didalam reaktor sampai suhu 180 derajat celcius. Kurang lebih selama 60  menit  cairan Bahan Bakar Minyak akan mengalir melalui selang air yang sudah didinginkan oleh Air. Pada suhu 200 derajat celcius aliran Bahan Bakar hasil destilasi akan semakin deras. Sampai suhu 300 derajat celcius proses destilasi akan berhenti .

 

Penyusun :

Widarto ,S.T

Guru Produktif  TSM Honda

SMK N 2 BAWANG

 


Print BeritaPrint PDFPDF
Terima kasih telah berkunjung di Official Site SMK Negeri 2 Bawang. SMK Teknologi yang telah menerapkan ISO 9001:2008, dan selalu berkomitmen untuk menjadi Terampil, Optimis, dan Profesional.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// contoh : www.smkn2bawang.sch.id
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 14 komentar untuk berita ini

  • sofyan riyadi
    2016-11-20

    inovasi yang sangat bagus,dan bisa di kembangkan untuk siswa smkn 2 bawang, terutama untuk anak\" tsm. agar bisa mengembangkan sistem destilasi itu.

  • pupung efriyana
    2016-11-03

    menurut saya karya tersebut sangat kreatif. krna dpt mengurangi pencemaran lingkungan tp baunya yg sangat menyengat. oleh krna itu hasil destilasi perlu diolah lg mnjadi lbh baik dn ramah lingkungan

  • donni afrizal batubara
    2016-10-26

    menurut saya destilasi sangat bagus sangat kreatif .membuat sebuah bahan bakar baru atau menciptakan bahan bakar yang bisa dgunkn pada spda mtor .juga dapat mencegah adanya pencemaran lingkungan

  • ilham yuda kurniawan xii
    2016-10-26

    destinator menurut saya itu karya yg sangat bagus dan kreatif, karya tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, karya tersebut harus di kembangkan agar menjadi alat yg modern, karya tersebut juga banyak menginspirasi banyak orang, sekian dan terima kasih.

  • adi priono xii tsm 3
    2016-10-26

    destilator itu sangat bermanfaat. kreatif. berguna untuk kehidupan masyarakat. dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi bahan bakar, merupakan salah satu solusi untuk mengrangi limbah dan memanfaatkannya. semoga dengan destilator itu dapat memotivasi anak anak bangsa indonesia untuk lebih kreatif dan inovatif. smk 2 bawang top.

  • pawit dinanti
    2016-10-12

    destilasi ini perlu di kembangkan

  • ngabdul latif
    2016-10-12

    inovasi ini sangat bagus tetapi perlu di sempurnakan lagi untuk mengurangi bau yang menyengat

  • muhamad arik naufal
    2016-10-12

    salah satu karya yang mungkin langka dan harus dikembangkan lagi 😊

  • arifiyan
    2016-10-12

    sangat bagus bisa yabg telah habis dibumi ini,,namun baunya perlu perbaiki lagi supaya tidak terlalu menyengat ...

  • nur faozi
    2016-10-12

    inovasi ini perlu di tingkatkan agar destilasi plastik ini agar tidak berbau

  • alvin ferdinandes
    2016-10-12

    inovasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dalam hal ini plastik menjadi bahan utama bahan bakar tetapi pencemaran udara lebih besar

  • aji fatkhur rohman
    2016-10-07

    inovasi destilator ini sangat bermanfaat untuk saat ini , karena minyak bumi yang semakin sedikit. inovasi ini jadi solusinya karena menggunakan limbah plastik yang sudah tak terpakai lagi.

  • ahmad amirun sodikin
    2016-10-07

    menurut saya ide ini sangat bagus dan kreatif. karna selain bisa buat bahan bakar minyak dengan menggunakan limbah plastik, juga bisa mengurangi jumlah limbah pelastik yang jumlahnya kian banyak. trimahkasih

  • joko fitrianto
    2016-10-06

    proyek ini sangat baik dan perlu ditingkatkan lagi, guna mengurangi polusi, mengingat sah2 semakin banyak dan diharapkan ketika proses destilasi hasil minyak sulingan dapat diperjual belikan. terimakasih

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Untitled Document
  • kemdiknas
  • pdkjateng
  • bpdikjur
  • lpmpjateng
  • dikporabanjarnegarakab
  • st3telkom

www.m-edukasi.web.id blog guru