MOS SMKN 2 BAWANG TAHUN 2015/2016

Diposting pada: 2015-07-27, oleh : Faris Jaya Mustika, Kategori: Agenda Sekolah

Sabtu, 11 Juli 2015. SMK Negeri 2 Bawang melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Siswa dengan tema “Disiplin Nafasku, Prestasi Tujuanku” yang diperuntukan untuk seluruh siswa baru kelas X tahun ajaran 2015/2016. Kegiatan yang berpanitiakan dari gabungan perwakilan anggota pengurus organisasi dan ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 2 Bawang ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pada tanggal 9-11 Juli 2015 dan tahap kedua akan dilaksanakan setelah libur lebaran. Dari data yang ada, jumlah peserta MOS pada tahun ini mencapai angka 552 peserta. Jumlah ini tentunya sangat berbeda dengan  jumlah peserta MOS pada tahun yang lalu, dengan kata lain jumlah peserta MOS tahun ini mengalami peningkatan yang drastis. Hal ini karena pihak sekolah memutuskan untuk menambah jumlah rombongan belajar (rombel) dari beberapa jurusan, yaitu menambah 1 rombel pada jurusan TKJ (kelas TKJ 4), 1 rombel pada jurusan TEI (kelas TEI 3), dan 1 rombel pada jurusan TITL (kelas TITL 3). MOS dilaksanakan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu, kegiatan MOS sebagian besar diisi dengan oleh bapak/ibu guru dengan materi Pengenalan Kompetensi Keahlian dari jurusan masing-masing,  Hak dan Kewajiban siswa, Pengenalan Kurikulum, dan Wawasan Wiyata Mandala dan pengenalan lingkungan sekolah.

“Untuk MOS tahun ini atribut dan barang bawaan dipersimple, tetapi pelaksanaannya diperketat.” ujar  Pembina OSIS, Dhian Nur Laeli S.Pd saat ditanya mengenai konsep kegiatan MOS tahun ini. “Tidak ada penggojlokan, tidak ada latihan dan hukuman fisik mengingat MOS tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.” tambahnya. Selain itu, peserta MOS juga diwajibkan untuk membawa barang bawaan seperti ¼ kg kacang hijau, ¼ kg gula jawa, mie instan, dan lain sebagainya. Barang bawaan dari peserta kemudian dikumpulkan dan di pack untuk selanjutnya disumbangkan kepada 4 panti asuhan yang ada di wilayah sekitar Banjarnegara, yaitu Panti asuhan Aisyah, Panti asuhan Al-Munawaroh, Panti asuhan Al-Hidayah, dan Panti asuhanAl-Fatah

Upacara pembukaan MOS dipimpin oleh Anteng Ramdhani kelas XI TSM 3 dan Bapak Supriyadi selaku Kepala Sekolah sebagai Pembina. Upacara pembukaan ditandai dengan adanya penyematan tanda peserta oleh Kepala Sekolah kepada perwakilan siswa dari masing-masing jurusan. Perwakilan dari jurusan TITL yaitu Ilham Nur Diansyah, dari jurusan TAV yaitu Retno Dwi Susanti dari jurusan TEI yaitu Andika Hana Saputra, dari jurusan TSM atas nama Warsun, dan dari jurusan TKJ atas nama Yolanda Desta Pratama.

Setelah upacara pembukaan, acara selanjutnya adalah cek kerapian dan kelengkapan atribut peserta MOS. Hari pertama MOS, panitia dibuat kewalahan oleh peserta karena jumlah peserta yang melakukan pelanggaran dan tidak menaati tata tertib yaitu … dari 552 peserta MOS dan ½ diantaranya adalah mereka yang datang terlambat. Peserta MOS yang melanggar tata tertib langsung ditindak tegas oleh bapak/ibu guru. “Saya sudah berkali-kali jadi panitia MOS dan baru kali ini mendapati jumlah siswa yang melanggar peraturan sangat banyak. Ini pertama kalinya dalam sejarah.” itulah ungkapan kecewa dari Bapak Irfan Dakhli selaku seksi acara guru pada kegiatan ini.

Selain dibuat kewalahan karena jumlah peserta yang melanggar begitu banyak, panitia juga dibuat bingung sekaligus terhibur oleh ulah salah satu peserta yang tidak sengaja salah membawa barang bawaan. “Wong disuruh bawa kacang hijau ¼ kg, koq malah bawa kacang panjang warna hijau ¼ kg.” kata Anis Ngazizah selaku pendamping gugus kelas X TSM 2. Ada-ada saja memang tingkah peserta MOS tahun ini, banyak pula diantara mereka yang berlarian berusaha berkenalan dengan kakak kelas dan bapak/ibu guru sebagai hukuman karena kesalahan mereka. Banyak cara yang mereka tempuh untuk dapat berkenalan dengan orang-orang yang mereka incar. Mereka rela menyanyi di depan umum, menari, bahkan memungut sampah dan mencabut rumput sebagai syarat perkenalan. Hukuman untuk berkenalan dengan kakak kelas dan pihak guru ini sendiri ada manfaatnya, hal ini menjadikan peserta MOS menjadi pribadi yang ramah dan pantang menyerah untuk mendapatkan sesuatu.

Siang harinya, peserta MOS putra melaksanakan sholat Jum’at di masjid At-Taqwa SMK Negeri 2 Bawang yang masih dalam proses pembangunan. Imam pada sholat Jum’at kali ini adalah Bapak Paino. Sementara itu, peserta MOS putri mengikuti kegiatan keputrian yang dipandu oleh Ibu Kapsah Ernawati, Ibu Artini Waluyati, dan Ibu Lis Utami Fauziah. Mereka terlihat begitu antusias ketika mendengarkan nasihat dan pengarahan dari para pemandu. Kegiatan MOS pada hari pertama ditutup dengan apel siang yang dilaksanakan di dalam ruangan masing-masing. Dan menurut para pendamping gugus, MOS hari ini dirasa sangat melelahkan mengingat banyaknya jumlah siswa yang melanggar peraturan.

Pelaksanaan MOS pada hari kedua dimulai lebih awal dari MOS pada hari pertama. Apel pagi dipimpin oleh Sugeng Witriyanto kelas XI TAV 1 dan Bapak Farkhan Sikron sebagai Pembina. Dalam amanatnya, Pak Farkhan menyampaikan mengenai tata tertib dan peraturan sekolah yang harus ditaati oleh seluruh siswa baru. Beliau juga menyampaikan informasi mengenai prestasi yang sudah diraih oleh siswa siswi SMK Negeri 2 Bawang untuk memotivasi para peserta MOS.

Jumlah siswa yang melakukan pelanggaran pada hari kedua memang berkurang, namun panitia masih kewalahan karena pelanggaran yang dilakukan justru makin banyak versinya. Untuk seluruh peserta MOS laki-laki yang berambut panjang, langsung ditindak tegas dengan memangkas tipis rambut mereka. Sementara yang lainnya mendapat hukuman untuk membuat karangan dengan tema Disiplin Nafasku, Prestasi Tujuanku sebanyak 10 lembar dan harus ditulis tangan.

Pukul 10.00 WIB, dilaksanakan seleksi siswa terbaik dari masing-masing kelas untuk selanjutnya dipilih satu saja per jurusan mewakili jurusannya sebagai siswa tergiat dalam kegiatan MOS. Tim seleksi yang terdiri dari Pembina OSIS dan perwakilan guru masing-masing jurusan benar-benar melakukan penyeleksian dengan ketat. Siswa yang terdaftar sebagai kandidat siswa tergiat ini diwawancarai mengenai kepribadiannya dan hal lain yang berkaitan dengan MOS.

Apel penutupan kegiatan MOS pada tahap pertama ini dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB dengan pemimpin apel Ulinuha Aziz Badlowi kelas XI TITL 1 dan Bapak Supriyadi sebagai pembinanya. Pada kesempatan ini, diumumkan juga siswa tergiat dari masing-masing jurusan yang sudah melewati test wawancara. Siswa tergiat dari jurusan TITL adalah Yulia dari kelas X TITL 2, siswa tergiat dari jurusan TAV adalah Parama Gatya dari kelas X TAV 3, siswa tergiat dari jurusan TEI adalah Prasetyo Putro dari kelas X TEI 2, siswa tergiat dari jurusan TSM adalah Warsun dari kelas X TSM 1, dan siswa tergiat dari jurusan TKJ adalah Bagus Pamungkas dari kelas X TKJ 1,  penghargaaan berupa piagam diberikan kepada mereka yang telah teripilih sebagai siswa tergiat. Hal ini tentunya akan memotivasi seluruh peserta untuk berlomba-lomba menjadi siswa teladan di SMK Negeri 2 Bawang.

 


Print BeritaPrint PDFPDF
Terima kasih telah berkunjung di Official Site SMK Negeri 2 Bawang. SMK Teknologi yang telah menerapkan ISO 9001:2008, dan selalu berkomitmen untuk menjadi Terampil, Optimis, dan Profesional.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// contoh : www.smkn2bawang.sch.id
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

  • wasis
    2016-03-06

    .maaf...saya mau tanya..kalau untuk daftar ulang itu berapa ya???

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
Untitled Document
  • kemdiknas
  • pdkjateng
  • bpdikjur
  • lpmpjateng
  • dikporabanjarnegarakab
  • st3telkom

www.m-edukasi.web.id blog guru